Rabu, 08 Februari 2012

Wedang Secang


Wedang Secang

Banyak orang mengetahui manfaat dari wedang secang(minuman secang ini). Seperti Kurang enak badan,masuk angin, karena minuman ini dapat menimbulkan raa hangat didalam tubuh sehingga memberikan rasa segar dalam tubuh.

Semakin meningkatnya sebuh teknologi membuat kita menjadi lebih praktis dalam mengkonsumsi minuman ini. Karena sekarang terdapat minuman secang ini yang berbentuk sirup maupun serbuk. Minuman ini juga bisa mengobati penyakit diare,disentri,TBCmlaria,radang selaput lendir mata dan lain sebagainya.Kayu secang mengandung galat tanin, resorsin, brassilin, brasilein, d-alfa-phellandrene, ascimene, minyak atsiri yang kasiyate bisa menghentikan perdarahan, pembersih darah, penawar racun, dan antiseptik.

Cara pembuatannya tidak begitu sulit hanya menyediakan kayu secang secukupnya,ditambah gula pasir,sere,jahe,dan air secukupnya. Semua bahan dimasukkan lalu diaduk,diperas lalu disaring. Lalu rebus sekitar 3jam. Nah, setelah selesai nech.. secang dapat dinikmati panas maupun dingin. Untuk didaerah daratan tinggi secang digunakan untuk menghangatkan tubuh. Seperti daerah kaliurang dan dataran tinggi lainnya. Selamat mencoba..

Bahan :
§  5 biji Cabe Jawa
§  5 biji Kemukus
§  5 biji Kapulaga
§  5 biji cengkeh
§  1 ruas jari jahe, dibakar
§  1 batang sereh (putihnya saja)
§  1 potong kayu manis
§  1 jumput kayu secang
§  5 gelas air putih
§  gula batu/gula pasir/madu secukupnya
Cara Membuat :
1. Semua bahan kecuali kayu secang dan gula dicuci bersih dan direbus dengan api kecil agar zat yang terkandung di dalamnya dapat keluar dengan sempurna. Setelah air berwarna kecoklatan dan berbau harum, masukkan kayu secang dan panci ditutup hingga air mendidih dan berwarna kemerahan.
2. Tambahkan gula atau madu sesuai selera.
Catatan :
1. Untuk merebusnya, sebaiknya gunakan alat perebus yang terbuat dari gerabah yang terbuat dari tanah liat karena gerabah bisa mempertahankan aroma dari wedang secang
2. Sajikan wedang secang dalam poci tanah. Dijamin lebih nikmat dan lebih terasa tradisional.
3. Sebaiknya menggunakan madu sebagai pemanis bagi penderita penyakit diabetes.















Tidak ada komentar: